Cari Blog Ini

Pages

Minggu, 09 Agustus 2015

SISTEM KEAMANAN JARINGAN


1.PENGERTIAN SISTEM JARINGAN
Hasil gambar untuk pengertian sistem keamanan jaringan

berikut ini Pengertian Sistem Jaringan Komputer antara lain :
Pengertian Sistem Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software, dan perangkat yang lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
Pengertian Sistem Jaringan Komputer dari buku Cisco Networking First Step karya Wendell Odom bahwa Pengertian Jaringan Komputer adalah kombinasi dari hardware, software, dan pengkabelan (cabling), yang secara bersama-sama memungkinkan berbagai peranti komputasi untuk berkomunikasi satu sama lain
dapat disimpulkan bahwa Pengertian Jaringan Komputer adalah seperangkat alat komputer dan berbagai perangkat jaringan beserta software-nya yang saling berhubungan satu sama lain kemudian membentuk suatu sistem dan dengan tujuan yang sama. Tujuan-tujuan tersebut seperti suatu Jaringan Komputer yang dibuat untuk berbagi pakai file-file yang ada pada Jaringan Komputer tersebut, dengan mentransmisikan data menggunakan media kabel maupun nirkabel(wireless)
   
2. CONTOH PENGGUNAAN SISTEM KEAMANAN JARINGAN 
 
Pengamanan internet Banking Bank Sinarmas

Untuk memberikan rasa aman kepada nasabah dalam bertransaksi melalui media Internet, Bank Sinarmas menggunakan teknologi terkini untuk memenuhi standar keamanan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Bank Sinarmas menggunakan 3 (tiga) lapis sistem pengamanan untuk melindungi akses dan transaksi di Internet Banking Bank Sinarmas yaitu:

Secure Socket Layer (SSL).
SSL adala teknologi pengamanan yang mengacak jalur komunikasi antar komputer dengan server Internet Banking sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain. Seluruh data di Internet Banking Bank Sinarmas dikirimkan melalui protocol Secure Socket Layer (SSL 128 bit encription), yaitu suatu standar International pengiriman data rahasia dan paling aman saat ini melalui internet. Protocol SSL ini akan mengacak data yang dikirimkan menjadi kode-kode rahasia dengan menggunakan 128-bit encryption, yang artinya terdapat 2 pangkat 128 kombinasi angka kunci, tetapi hanya satu kombinasi yang dapat membuka kode-kode tersebut.

Username dan Password.
Untuk dapat menggunakan fasilitas Internet Banking Bank Sinarmas, nasabah diharuskan memiliki Username dan Password yang dibuat pada saat nasabah melakukan aktivasi user Internet Banking. Bank Sinarmas akan mengidentifikasi nasabahnya lewat penggunaan Username dan Password internet Banking Bank Sinarmas. Username terdiri dari minimal 8 karakter dan maksimal 20 karakter yang terdiri dari susunan huruf dan angka. Demikian juga dengan Password yang terdiri dari minimal 6 karakter dan maksimal 20 karakter yang terdiri dari susunan huruf dan angka.

Passcode
Selain kedua fitur diatas, masih ada lagi pengaman berupa dynamic password yang dihasilkan oleh SimasKey berupa enam digit angka. Enam digit angka ini berubah setiap satu menit sekali, sehingga akan sulit bagi orang lain untuk menggunakan fasilitas Internet Banking anda. Anda diharuskan memasukkan dynamic password yang dihasilkan SimasKey setiap kali Anda melakukan transaksi finansial seperti : transfer dana, pembelian dan pembayaran
3. JENIS-JENIS KEAMANAN JARINGAN 
 
1.Packet Filtering Gateway
2.Application Layer Gateway
3.Circuit Level Gateway
4.Statefull Multilayer Inspection Firewall
4. KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN SISTEM KEAMANAN JARINGAN
 
KEUNTUNGAN SYSTEM KEAMANAN JARINGAN

  Guna manfaat sistem keamanan computer yaitu menjaga suatu sistem komputer dari pengaksesan seseorang yang tidak memiliki hak untuk mengakses sistem komputer tersebut. Sistem keamanan komputer semakin dibutuhkan saat ini seiring dengan meningkatnya penggunaan komputer di seluruh penjuru dunia. Selain itu makin meningkatnya para pengguna yang menghubungkan jaringan LANnya ke internet, namun tidak di imbangi dengan SDM yang dapat menjaga keamanan data dan infomasi yang dimiliki. Sehingga keamanan data yang ada menjadi terancam untuk diakses dari orang-orang yang tidak berhak. Keamanan komputer menjadi penting karena ini terkait dengan Privacy,Itengrity,Autentication,Confindentiality dan Availability. Beberapa ancaman keamanan komputer adalah virus,worm, trojan, spam dan lain-lain. Masing-masingnya memiliki cara untuk mencuri data bahkan merusak sistem komputer. Ancaman bagi keamanan sistem komputer ini tidak dapat dihilangkan begitu saja, namun kita dapat meminimalkan hal ini dengan menggunakan software keamanan sistem diantaranya antivirus,antispam dan sebagainya.

KERUGIAN SYSTEM KEAMANAN JARINGAN

          Menurunnya nilai transaksi melalui internet terhadap E-Commerse
          Menurutnya tingkat kepercayaan dalam melakukan komunikasi dan transaksi melalui media online.
          Merugikan secara moral dan materi bagi korban yang data-data pribadinya dimanipulasi.

0 komentar:

Posting Komentar